Tukang odading pertama di blok odading

blok odading
Blok Odading di Desa Sayati, Kabupaten Bandung. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Simmanews.com – Cerita Kampung Saluyu Selatan RT 01/RW 16 Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, berubah menjadi Blok Odading bermula sekitar 40 tahun yang lalu, kala salah satu warganya bernama Mang Apu membuat dan menjual odading dan cakwe.

Mang Apu tidak lama membuat dan menjual odading di sekitar Desa Sayati, sebelum akhirnya merantau ke Jakarta dan membuat serta memasarkan odading di ibu kota.

Setelah sukses berjualan odading di Jakarta, sesekali Mang Apu pulang ke kampung halamannya di Desa Sayati. Kisah sukses Mang Apu membuat kerabat dan warga di kampungnya tertarik untuk membuat usaha yang sama.

Mereka mencoba peruntungan, mengikuti jejak dan resep Mang Apu membuat kue mirip bantal tersebut. Ada di antara mereka yang merantau ke daerah lain berbisnis odading, sebagian lain memproduksi odading di rumah dan dijual orang lain.

Adapula yang memasarkan sendiri dengan mangkal di pusat keramaian di kawasan Kecamatan Margahayu ataupun keliling kampung dengan gerobak. Untuk itu, warga sering menyebut tempat tinggalnya dengan sebutan Blok Odading.

Kepala Dusun III Desa Sayati, Yudi Permana, menuturkan masyarakatnya bekerja serabutan, buruh bangunan, dan berjualan barang lain sebelum mengikuti jejak Mang Apu.

odading ade londok
Tangkapan layar video viral odading Ade Londok

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

“Dari produksi odading ini warga mengalami peningkatan ekonomi,” urai Kepala Dusun III Yudi Permana kepada Simmanews.com, Kamis 17 September 2020.

Sebelumnya diberitakan, odading menjadi makanan hits setelah video Ade Londok viral di media sosial. Ade Londok mempromosikan Odading Mang Soleh yang mangkal di Jalan Baranang Siang, Kosambi Bandung.

Berkat Ade Londok, kini penjual odading dan cakwe di samping Gedung Kesenian Rumentang Siang itu kebanjiran pembeli. Mereka penasaran dengan makanan tradisional yang viral tersebut.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengunjungi Ade Londok di Kosambi. Ridwan Kamil menghadiahi HP kepada Ade Londok.

Selain itu, mantan Wali Kota Bandung tersebut mengajak Ade Londok untuk mempromosikan UMKM kuliner di Jabar. Setelah kedatangan Ridwan Kamil ke tukang odading, pembeli semakin meningkat.

Odading sendiri sebenarnya bukan makanan baru. Kue yang dimasak dengan cara digoreng ini bisa dibilang sudah menjadi jajanan orang Bandung. Biasanya, penjual odading juga menjual cakwe yang rasanya asin. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here