Sekelumit kisah Bandrek Abah, minuman hot dan nikmat Bandung selatan

bandrek abah
Bandrek Abah di Tokopedia

Jika kebetulan lagi belanja di supermarket atau minimarket, di rak bagian minuman suka terpampang minuman kemasan dengan merek Bandrek Abah. Ya, minuman tradisional ini pelan tapi pasti mulai banyak mencuri perhatian calon pembeli.

Brand Bandrek Abah terus berkibar mengisi rak-rak minuman di berbagai tempat penjualan oleh-oleh hingga warung-warung. Mengutip laman resmi Dekranasda Kabupaten Bandung, bdgdekranasda.blogspot.com, minuman tradisional khas Parahyangan ini berasal dari Ciwidey.

Ciwidey, satu destinasi wisata di Bandung selatan, merupakan destinasi wisata di dataran tinggi yang terkenal dingin. Minuman ini cocok banget disajikan di daerah dingin, pas musim dingin seperti sekarang ini, apalagi malam hari.

Popularitas Bandrek Abah tak lepas dari upaya tekun pemasaran produk khas ini. Minuman ini sering mengikuti pameran, salah satunya melalui Dekranasda Kabupaten Bandung dan BPMP kabupaten Bandung.

Pameran dilakukan ke berbagai daerah dengan tujuan mengenalkan Bandrek Abah ke masyarakat di luar kabupaten Bandung. Pengunjung pameran banyak yang bilang bahwa bandrek ini berbeda dengan bandrek lain, lebih kental dan jahenya terasa.

Minum kuliner tradisional ini tenggorokan dan leher terasa hangat yang dihasilkan jahe. Namun ada sensasi nikmat karena gula aren terbaik.

Baca juga:

Bandrek Abah dapat didapat lewat kemasan botol maupun saset. Seiring perjalanan waktu, pemasaran dan penggemar kuliner ini semakin bertambah.

Berkibarnya produk ini tak lepas dari strategi marketing yang dijalankan marketingnya. Salah satunya Firman, yang menjalin kontak baik dengan para pengurus Dekranasda Kabupaten Bandung.

Melalui jaringan pemasarannya, produk minuman khas ini menjadi minuman favorit sebagai oleh-oleh para wisatawan. Bahkan citra bandrek sebagai minuman tradisional menjadi tak kalah dengan minuman modern.

Produk UMKM ini berhasil menaikkan “level” minuman bandrek dan bajigur sebagai minuman yang “hanya” bisa didapat dari tukang bandrek bajigur keliling menjadi produk minuman instan yang menarik, bahkan kekinian.

Oh, ya, selain bandrek, produsen minuman ini juga menjual Bajigur Abah yang sama-sama enaknya. Jika bandrek terbuat dari sari jahe dan gula aren, bajigur berbahan dasar santan dan gula aren. Kedua mimuman ini sama-sama enak. Bedanya, bandrek memiliki sensasi panas, sementara bajigur tidak.

Kini, brand tersebut mudah ditemukan di penjualan online atawa marketplace, bersaing dengan minuman-minuman kekinian lainnya.

Faktor lain yang bikin Bandrek Abah melejit ialah kreativitas dan inovasinya. Ini bisa dilihat dari kemasan maupun rasa Bandrek maupun Bajigur Abah.

Salah satu produk teranyar ialah Bandrek Abah Spesial, yakni bandrek yang sudah ditambahkan krim susu. Varian ini ternyata mendapat respons yang sangat bagus dari masyarakat. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here