Rumah Miring Dago, menikmati kuliner di puncak Bandung

rumah miring
Rumah Miring di Dago, Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. (Dok Rumah Miring)

Mengunjungi Rumah Miring di Dago, pengunjung bakal menemukan berbagai kejutan dan pengalaman menyenangkan. Semua itu terdapat di balik fasad bangunan berkonsep minimalis dengan dominasi material kayu itu.

Rumah Miring terletak di dataran tinggi Bandung, tepatnya di Jalan Dago Giri No 119 Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Untuk masuk ke Rumah Miring, pengelola hanya menyediakan pintu bercat hitam dengan lebar sekitar 90 centimeter dan tinggi 3,5 meter.

Selepas itu terdapat ruangan kecil dengan salah satu dinding berlukiskan peta dunia. Beranjak dari sini, pengunjung harus melewati beberapa anak tangga berbahan kayu untuk sampai di ruangan utama yang berada di bagian bawah bangunan.

Sekitar anak tangga terdapat beberapa lukisan dan daftar menu makanan. Konsep sempit dari anak tangga seketika berubah, saat pengunjung sampai ruang utama yang merupakan restoran.

rumah miring
Rumah Miring di Dago, Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

“Rumah miring telah berdiri sejak 2014, restoran kami berkonsep family dan anak muda,” ujar Pengelola Rumah Miring Merry kepada Simmanews, Selasa 27 Oktober 2020.

Baca juga:

Konsep restoran keluarga terlihat jelas dengan beberapa bagian dari restoran dengan dekorasi homy. Sehingga pengunjung berasa seperti berada dalam rumah sendiri.

Berbagai fasilitas produk taman atau ruangan terbuka, serta sofa empuk, dapat digunakan pengunjung yang membawa buah hatinya bermain.

Lebih menyenangkan lagi meskipun berkonsep rumah, tetapi hampir 75 persen berada di ruangan terbuka sehingga pengunjung dapat leluasa menghirup udara kawasan Bandung Utara yang masih segar.

Sementara konsep anak muda terlihat dari beberapa kursi yang ditempatkan pada beberapa sudut taman yang berada di bagian bawah ruang utama. Sehingga sangat cocok untuk anak muda yang senang beraktivitas.

Rumah Miring di Dago, Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. (Dok Rumah Miring)
Rumah Miring di Dago, Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. (Dok Rumah Miring)

Menerawang Kota Bandung dari ketinggian

Untuk pecinta swafoto pengelola restoran pun menyediakan spot selfie di antara rimbunan beragam pohon dan bunga. Ada pula rumah pohon.

Di spot foto tersebut pengunjung bisa melihat pembangunan Kota Bandung dengan banyaknya gedung pencakar langit. Berdiri di Rumah Miring serasa berada di puncak Bandung.

Sementara bagian lainnya terdapat perkebunan sayuran penduduk, yang berada di perbukitan.

“Selain tempat kumpul keluarga dan nongkrong anak muda, di sini pengunjung dapat menyewa tempat untuk foto prewedding,” tambah Merry.

Baca juga:

Dalam kondisi pandemi COVID-19, Rumah Miring menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona. Mulai dari pengukuran suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak.

Selain itu, waktu operasional restoran ini mengalami perubahan. Senin – Jumat mulai pukul 14.00 WIB. Akhir pekan mulai pukul 10.00 WIB.

Sop buntut sampai menu internasional

Rumah Miring menawarkan menu kuliner internasional yang siap memanjakan lidah para pengunjung.

Untuk para pecinta kuliner Nusantara dan Asia secara umum, terdapat sop buntut, ayam goreng miring, ayam rempah-rempah, nasi goreng, salty and spicy tofu, bala-bala chicken.

Menu Eropa antara lain zuppa soup, pizza, pasta, steak, dan lain-lain. Ada pula minuman khas dalam negeri maupun luar negeri.

“Sebelum pandemi COVID-19, banyak wisatawan dari luar Bandung yang datang ke sini seperti dari Jakarta, Makasar. Bahkan ada pula dari Eropa, Jepang, dan Korea,” tutupnya. (Yatni Setianingsih/Simmanews).

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here