Rumah Makan Bale Desa Subang sajikan kuliner unik dalam suasana asri

Rumah makan yang mampu memanjakan lidah dengan suasana yang nyaman, tentunya menjadi pilihan yang pas untuk mengusir lapar sekaligus membuat pikiran rileks. Ini ditawarkan Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang.

Saat menginjakkan kaki di restoran beralamat di Jalan Darmodiharjo No 9 (Terminal Baru) Kabupaten Subang, pengunjung dapat merasakan atmosfer desa yang sesungguhnya.

Konsep rumah makan dengan desain terbuka yang memiliki banyak pohon peneduh ini menghadirkan udara yang sejuk. Ditambah dengan kolam alias balong yang pada bagian atasnya terdapat beberapa saung sederhana berbahan bambu dengan atap injuk.

Menu di Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang.
Menu di Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang. Foto: @rm_baledesa

Baca juga:

Membuat pengunjung betah berlama-lama bersantai pada siang maupun malam hari, menikmati suasana khas yang sulit ditemui di kawasan perkotaan.

“Rumah makan ini memang sengaja mengambil konsep saung balong (kolam). Sebagai ciri khas dari tatar Sunda,” ujar Pemilik Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Ratna Bambang Heryanto kepada Simmanews, belum lama ini.

Selain terdapat tempat makan outdoor adapula tempat makan yang tertutup, pengunjung bebas memilihnya. Rumah makan ini pun menyediakan fasilitas ruangan untuk acara pesta pernikahan, khitanan, maupun rapat.

Menu di Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang. Foto: @rm_baledesa
Menu di Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang. Foto: @rm_baledesa

Nasi bambu jadi menu unggulan

Selain suasananya yang tenang, menu kuliner dari rumah makan ini pun komplet dan menggoda siapa pun untuk mencobanya.

Mulai dari sajian gurame bakar, iga kambing bakar, sate kambing, ayam pandan sambal matah, nasi bambu, sampai nasi liwet.

“Menu unggulan yaitu nasi bambu dan ayam pandan sambal matah,” sambung Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Subang ini.

Tak mengherankan jika kedua menu tersebut menjadi menu unggulan karena memiliki citarasa unik.

Nasi bambu, merupakan nasi dari beras Subang yang dimasak dan dihidangkan dalam bambu.

Rasa dari menu kuliner ini gurih dengan aroma unik dari bambu, karena sebelum dimasak dalam bambu, nasi dikukus dengan berbagai rempah. Setelah itu masuk ke dalam potongan bambu berbentuk silinder dan dikukus kembali.

Menu ini disajikan dengan daging ayam, tahu, dan tempe goreng lengkap dengan tambahan lalap dan sambal terasi khas Sunda.

Perpaduan menu yang kaya rempah ini, membuat lidah terus ketagihan untuk menikmatinya.

Baca juga:

Menu di Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang. Foto: @rm_baledesa
Menu di Rumah Makan Bale Desa Saung Balong, Kabupaten Subang. Foto: @rm_baledesa

Lain lagi, sentuhan rasa yang hadir dari ayam pandan sambal matah. Sajian yang sekilas mirip dengan ayam pandan khas Thailand ini, memiliki variasi cara pengolahan dan rasa yang berbeda.

Jika ayam pandan Thailand dimasak dengan cara digoreng, sementara ayam pandan di restoran ini sepertinya melalui proses pengungkepan yang dibalut dengan daun pandan.

Hasilnya, tekstur daging ayam ini empuk dengan wangi khas pandan yang mampu membangkitkan nafsu makan. Ditambah dengan baluran sambal matah khas Bali yang pedas.

Semakin nikmat, kala ayam pandan matah ini bertemu dengan tahu dan tempe goreng tepung, plus nasi putih yang pulen. Dijamin, penikmat kuliner tidak akan berhenti untuk mengunyah. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here