Punclut, kuliner menggoda dan tempat selfie unik di Bandung Utara, ini alamat lengkapnya?

punclut
Saung Punclut Teh Ita 1, 2 &3 Jalan Ciumbuleuit Atas. (Instagram)

Di Kawasan Bandung Utara ada lokasi kuliner dengan pemandangan alam luar biasa. Namanya Punclut. Di sini berjajar warung-warung makan dengan desain tradisional yang menghadap lembah hijau dengan udara segar.

Pemandangan alam di Punclut sudah terkenal. Banyak spot-spot menarik untuk berswafoto (selfie) di destinasi wisata ini. Panorama Kota Bandung terhampar di kejauhan.

Kuliner yang ditawarkan rumah-rumah makan tersebut umumnya menu khas Sunda seperti nasi merah dan hitam, nasi timbel, ayam bakar dan goreng, sate usus, ikan bakar dan goreng, aneka macam pepes yang dibungkus daun pisang, udang goreng, aneka macam gorengan, ikan asin.

Menu-menu tersebut dilengkapi berbagai macam lalapan seperti jengkol goreng, pete goreng, dan lain-lain. Dan tentunya, ada sambal terasi atau sambal mentah yang menggugah selera.

Di manakah alamat Punclut? Pusat kuliner ini bisa diakses melalui sejumlah jalur. Pertama, Punclut via Pasteur.

Begitu keluar Tol Pasteur, kendaraan bisa diarahkan menuju Jalan Dr Setiabudi ke arah Jalan Ciumbuleuit. Saat masuk Jalan Ciumbuleuit, ikuti terus jalur ini yang nantinya akan melewati kampus Unpar.

punclut
Saung Punclut Teh Ita 1, 2 &3 Jalan Ciumbuleuit Atas. (Instagram)

Baca juga:

Dari situ perjalanan masih lurut ke atas sampai bertemu bundaran Jalan Ciumuleuit dan Jalan Kiputih.

Dari bundaran, ambil arah yang ke kiri menuju rumah sakit TNI AU Dr Salamun. Di depan rumah sakit ini ada jalan cagak, lalu ambil yang ke kanan. Selanjutnya ikuti saja jalur tersebut sampai bertemu warung-warung tradisional yang rapi dan memajang aneka menu menggoda.

Menuju Punclut bisa juga dari Dago (Ir H Djuanda) atas. Patokannya, tempuh Dago sampai Dago Giri. Di sini ada jalur yang akan bertemu Punclut.

Menuju Punclut bisa juga dari Lembang yang juga kawasan wisata terkenal yang masuk wilayah Bandung Utara. Patokan jalan menuju Punclut dari Lembang adalah Pasar Panorama Lembang.

Di sebelah selatan pasar ada simpang lima. Ambil simpang yang menuju Jalan Cijeruk yang nantinya akan melewati Sesko AU, kemudian terus mengikuti jalan kabupaten ini sampai bertemu rumah-rumah makan Punclut.

Tapi perlu diingat, jalan Punclut relatif sempit dan cukup curam. Maklum, daerah ini merupakan perbukitan yang berlembah dan bergunung. Jalannya meliuk-liuk naik turun. Namun bentuk jalannya sudah diaspal atau dibeton.

Jadi kalau mau ke Punclut harus selalu hati-hati. Apalagi di musim hujan, jalan biasanya licin dan rawan. Juga tidak boleh lupa untuk selalu memakai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here