Pesan Mang Oded kepada organisasi perangkat daerah dalam hadapi Covid-19

Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Dok Pemkot Bandung)
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Dok Pemkot Bandung)

Wali Kota Bandung Oded M Danial berpesan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), untuk menjalankan tugas dengan penuh kekompakan. Terutama saat melawan pandemi Covid-19 ini.

“Kekompakan di antara kita akan sangat menentukan tercapainya visi tersebut. Apalagi tahun 2021 kita masih berhadapan dengan pandemi Covid-19, sehingga kolaborasi harus lebih diperkokoh lagi,” terang Mang Oded saat memimpin Rapat Awal Tahun 2021 secara virtual, Kamis 21 Januari 2021.

Untuk itu, sambung Mang Oded setiap Kepala organisasi perangkat daerah harus  saling mendukung, menjaga keharmonisan, dan menjaga komunikasi satu sama lain.

“Sebagaimana pepatah Sunda, kita harus rempug jukung sauyunan,” imbuhnya.

Baca juga :

Mang Oded bilang  semua harus mampu menjaga energi dalam melawan Covid-19, sehingga mampu melaluinya dengan kemenangan dan ekonomi bisa bangkit kembali.

Pandemi Covid-19 ini, merupakan masalah semua perangkat daerah. Sehingga kolaborasi dan koordinasi, tidak hanya terbatas dalam lingkungan  Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung .  Tetapi juga koordinasi dengan jajaran samping di unsur Forkopimpda, maupun secara vertikal dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Usahakan kita bisa seiring sejalan dalam menghadapi situasi yang tidak mudah ini,” pesannya.

Waspada bencana

Selain permasalahan melawan Covid-19, kata Mang Oded, semua pihakpun harus tetap siaga dan waspada dengan bencana alam. Akibat cuaca ekstrem yang berlangsung akhir-akhir ini.

“Bencana banjir, longsor, pohon tumbang, dan lainnya mengintai kita semua,” ujarnya.

Baca juga:

Oleh karenanya, Mang Oded mengajak semua pihak untuk melakukan mitigasi bencana, mulai dari hal-hal yang sederhana di sekitar lingkungan tempat tinggal. Seperti pemeliharan drainase, pengurangan sedimentasi, membuang sampah pada tempatnya.

Kemudian pengolahan sampah, penanaman pohon, penertiban bangunan liar di bantaran sungai, dan lain-lain.

“Untuk mengantisipasi pohon tumbang, bisa melalui pemangkasan ranting maupun dahan yang rentan tumbang, ” ungkapnya. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here