Perangkat daerah Kota Bandung diminta belanja produk UMKM

UMKM
Produk UMKM Kota Bandung. (Dok Pemkot Bandung)

Guna menggerakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya sektor kerajinan Kota Bandung yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Dinas Koperasi UMKM (DisKUMKM) Kota Bandung, bakal berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung.

“Para UMKM yang terdampak Covid-19 akan diikutsertakan dalam barang jasa pemerintah. Untuk souvenir saya dan Disbudpar akan merekomendasikan untuk membeli kepada para perajinan produk kesenian seperti wayang golek, ” urai Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman dalam keterangan resminya, Senin 12 Oktober 2020.

Atet menegaskan untuk itu, pihaknya bakal mengeluarkan Surat Edaran berupa imbauan kepada perangkat daerah, untuk membeli produk UMKM atau ekonomi kreatif.

Selain itu bersama Disbudpar dan Disdagin akan berkomunikasi secara intens, tentang kondisi UMKM. Terutama untuk mempersiapkan pameran cukup besar bagi para UMKM.

Pameran-pameran jika ekonomi sudah normal, APBD sudah normal mereka para UMKM akan diikutsertakan baik itu di acara Disbudpar, Dinas KUMKM ataupun Dinas dagin,” imbuhnya.

Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari menjelaskan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) membahas strategi pemasaran paket wisata dalam menjaring wisatawan pada kerajinan kesenian dan kebudayaan.

Dewi Kaniasari mencontohkan kawasan Jalan H. Akbar, Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cicendo terdapat galeri kerajinan wayang golek cupumanik dan kawasan kuliner.

Wilayah ini dekat dengan Bandara Husein Sastranegara dan
Stasiun Bandung. “Mungkin nanti wisatawan akan  diimbau untuk datang kesini,” sambungnya.

Menurut Dewi lokasi tersebut sangat strategis karena berdekatan dengan amenitas pariwisata, pusat transportasi dan perhotelan. Sehingga memungkinkan wisatawan untuk berkunjung dan membeli buah tangan untuk sanak saudara.

Pemasaran online dan konvensional

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap dapat membantu pengrajin mendongkrak pemasaran karyanya secara online maupun konvensional.

“Mudah-mudahan bisa membantu peningkatan pemasaran dari produk-produk kebudayaan,” ucap Yana.

Yana sempat melihat proses pembuatan wayang golek pada galeri kerajinan wayang golek cupumanik.

Menurut Yana, wayang golek hasil perajin pada galeri tersebut bagus. “Pekerjaannya rapih, cukup detail, dan harga juga relatif cukup wajar,” kata Yana. (Yatni Setianingsih/simmanews.com)

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here