Odading Mang Oleh viral, begini resepnya

odading
Desain: Muhammad Pasha/Simmanews

Odading Mang Oleh yang lagi viral berkat video Ade Londok bikin pembelinya harus ngantre buat mencicipinya. Akibatnya, tukang odading dan cakwe di Kosambi, Bandung, itu kebanjiran pembeli. Para pembeli pun harus antre.

Nah, jika males ngantre atau berdesak-desakan di odading Mang Oleh, ada cara untuk menikmati odading yang bisa dilakukan di rumah, yaitu bikin sendiri. Sayaratnya, harus ada waktu cukup luang dan menyiapkan sejumlah bahan kebutuhan.

Berikut resep sederhana yang bisa dicoba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat di pasar.

Bahan odading:

250 gram tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
100 ml air hangat
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
Vanili secukupnya
Ragi instan secukupnya
500 gram minyak goreng

Odading (Desain: Muhammad Pasha/Simmanews)
Odading (Desain: Muhammad Pasha/Simmanews)

Cara membuat odading:

1. Campurkan terigu, gula putih, vanili, ragi instant, garam, dan telur ke dalam baskom.
2. Aduk dengan tangan sambil dituangi air sedikit-sedikit hingga kalis
3. Istirahatkan adonan selama 30 menit supaya mengembang
4. Kempiskan adonan
5. Pipihkan adonan dengan rolling pin kemudian potong-potong berbentuk persegi
6. Goreng adonan di dalam minyak panas dengan api sedang hingga kecokelatan.

Odading siap dihidangkan, untuk disantap dengan teh hangat maupun kopi. Selamat mencoba dan menikmati. Bagaimana dengan rasa odading hasil bikinan sendiri? Tentunya tak akan jauh beda dengan odading Mang Oleh yang viral itu.

Sebelumnya diberitakan, odading menjadi makanan hits setelah video Ade Londok viral di media sosial. Ade Londok mempromosikan Odading Mang Soleh yang mangkal di Jalan Baranang Siang, Kosambi Bandung.

Berkat Ade Londok, kini penjual odading dan cakwe di samping Gedung Kesenian Rumentang Siang itu kebanjiran pembeli. Mereka penasaran dengan makanan tradisional yang viral tersebut.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengunjungi Ade Londok di Kosambi. Ridwan Kamil menghadiahi HP kepada Ade Londok.

Selain itu, mantan Wali Kota Bandung tersebut mengajak Ade Londok untuk mempromosikan UMKM kuliner di Jabar. Setelah kedatangan Ridwan Kamil ke tukang odading, pembeli semakin meningkat.

Odading sendiri sebenarnya bukan makanan baru. Kue yang dimasak dengan cara digoreng ini bisa dibilang sudah menjadi jajanan orang Bandung. Biasanya, penjual odading juga menjual cakwe yang rasanya asin. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here