Musim hujan? Ini antisipasi banjir di Kecamatan Margahayu

dprd kabupaten bandung
Camat Margahayu Mochamad Ichsaq (pegang mic) dalam acara Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Terkait Pelayanan Administrasi, di Desa Sayati, Jalan Sukamenak, Kabupaten Bandung. (Iman Herdiana/Simmanews)

Musim hujan tak bisa dilepaskan dengan musim banjir. Begitu juga di Bandung dan sekitarnya di mana Kecamatan Margahayu menjadi daerah yang kerap dilanda banjir. Apa saja antisipasi banjir di kecamatan yang berbatasan dengan Kota Bandung ini?

Camat Margahayu Mochamad Ichsaq mengklaim pihaknya bersama desa dan kelurahan di Margahayu, Kabupaten Bandung, sudah melakukan langkah-langkah antisipasi banjir.

Pertama, kata pak camat, telah dilakukan pembersihan sampah-sampah di pinggir jalan raya. Tujuannya, agar sampah tidak hanyut ke selokan atau sungai ketika musim hujan.

“Alhamdulillah untuk sampah pinggir jalan sudah kami atasi bekerja sama dengan masing-masing desa, wabil khusus dengan Desa Sayati, Margahayu Selatan, dan lain-lain,” kata Mochamad Ichsaq, kepada Simmanews, Jumat, 16 Oktober 2020.

Camat Mochamad Ichsaq ditemui di sela acara “Kunjungan Kerja Terkait Pelayanan Administrasi” dari Komisi A DPRD Kabupaten Bandung yang terdiri Tedi Surahman, Eka Ahmad Munandar dan dan Riki Ganesha, di Kantor Desa Sayati, Jalan Sukamenak, Jumat, 16 Oktober 2020.

Komisi A DPRD Kabupaten Bandung yang kunker terdiri dari Tedi Surahman, Eka Ahmad Munandar dan dan Riki Ganesha.

Namun persoalannya, lanjut Camat Mochamad Ichsaq, pihaknya menghadapi sampah yang dibuang atau hanyut ke sungai yang melintas di Margahayu. Sangat mungkin sampah tersebut berasal dari daerah hulu, yakni Kota Bandung.

Baca juga:

Untuk mencegah membuang sampah ke sungai, Mochamad Ichsaq mengaku sudah mengimbau masyarakat Marhahayu untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Kecamatan Margahayu juga mengklaim rutin menjalankan operasi kebersihan bersama jajarannya, termasuk mengangkat sampah dari sungai.

Namun mengatasi sampah sungai tidak bisa ditangani Kecamatan Margahayu sendirian. Sebab sungai yang mengalir di Margahayu terkait dengan sungai di Kota Bandung.

Salah satu sungai tersebut adalah Cikahiyang yang nyambung dengan sungai di Cigondewah, Kota Bandung.

Saat musim hujan, sungai Cikahiyang kerap meluap dan membanjiri warga yang mukim di RW 5 Desa Sayati dan Margahayu Selatan.

Menurutnya, saat ini sungai Cikahiyang sudah diperbaiki. Diharapkan musim hujan tahun ini sungai Cikahiyang tidak meluap.

Namun perbaikan sungai Cikahiyang tidak bisa dilakukan memerlukan campur tangan pemerintah provinsi, kota Bandung dan BBWS. Untuk itu ia berharap DPRD Kabupaten Bandung bisa memfasilitasi perbaikan sungai secara lintas pemerintahan dan instansi.

“Kami harap dewan bisa fasilitasi, mendorong ke tingkat provinsi untuk bisa memprogramkan perbaikan-perbaikan saluran air yang ada di Margahayu,” katanya. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here