Menikmati cita rasa kuliner khas Prancis di Bandung

Menikmati cita rasa kuliner khas Prancis di Bandung
Kuliner khas Prancis produk Tricakes, Bandung. (Dok Tricakes)

Beragam kuliner dari Prancis sering menjadi pilihan para penikmat makanan. Salah satunya éclair, makanan penutup atau dessert khas Prancis. Eclair bisa diperoleh di Bandung.

Éclair memiliki ciri khas berbentuk oval panjang  dengan ukuran standar berdiameter 4 cm dan panjang 12 sampai 15 cm, bertekstur renyah dan empuk, serta berongga mirip dengan sus. Sementara bagian tengahnya diisi dengan krim yang lembut dan topping aneka rasa, yang juga lembut dan mempercantik tampilan éclair.

Kudapan yang dimasak dengan cara dipanggang dalan oven ini, termasuk dalam pastry klasik yang sudah hadir sejak lama di negara asalnya. Nama éclair dalam bahasa Prancis artinya kilat, ya ini sesuai dengan ukuran éclair yang mungil sehingga dapat habis dalam beberapa kali gigitan. Meskipun begitu, siapa pun akan ketagihan untuk terus menikmati kelezatannya.

Menikmati cita rasa kuliner khas Prancis di Bandung
Kuliner khas Prancis produk Tricakes, Bandung. (Dok Tricakes)

Untuk merasakan kerenyahan, kelembutan, dan kelegitan dari éclair ini, ada salah satu produsen pastry di Bandung yang menerima pemesanan secara online yaitu Tricakes.

Éclair yang diproduksi Tricakes memiliki isian vanila cream, dengan beragam topping yang menggiurkan saat menyantapnya. Mulai dari cokelat melted yang manis dan lumer di mulut berpadu dengan almond atau kacang mede yang gurih. Ada pula topping éclair dari cokelat melted yang dicampur dengan oreo yang kaya rasa.

“Saya tertarik membuat éclair, karena saya melihat éclair itu masih jarang dijual terutama untuk home industri.  Kebanyakan éclair dijual di cake shop, restoran, dan hotel atau bisa dibilang dijual di kalangan menengah atas,” terang pemilik Tricakes, Triani Nur Sari kepada simmanews.com baru-baru ini.

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

Ini Jadwal SIM keliling se-Kabupaten Bandung selama September 2020

Bahan baku yang digunakan untuk membuat dessert khas Prancis ini terdiri dari tepung terigu, telur, mentega, air, gula, susu, krim, cokelat, almond, oreo, dan kacang mede dengan kualitas yang terjaga dan tanpa bahan pengawet. Sehingga menghasilkan éclair yang bercita rasa sempurna.

Menikmati cita rasa kuliner khas Prancis di Bandung
Kuliner khas Prancis produk Tricakes, Bandung. (Dok Tricakes)

“Éclair ini tidak tahan lama, hanya bertahan 1 hari di suhu ruang dan 2 sampai 3 hari jika disimpan di lemari es,” urai perempuan yang telah menggeluti dunia bisnis cake and pastry sejak 2015 ini.

Untuk mendapatkan pengalaman rasa éclair ini, konsumen bisa melakukan pemesan melalui akun instagram @tri.cakes ataupun via WhatsApp di nomor 089652711715. Harga yang dibandrol cukup terjangkau yaitu Rp25.000 per pack.

Éclair tak hanya lezat disantap secara langsung, akan lebih enak lagi jika dikonsumsi sebagai kudapan pendamping minum kopi, teh, maupun beragam jus buah yang segar. (Yatni Setianingsih/Simanews.com)

 

 

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here