Meneladani 2 Nabi kekasih Allah SWT

nabi
Oded M Danial. (Dok Pemkot Bandung)

Wali Kota Bandung Oded M Danial alias Mang Oded, meminta umat muslim mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW dan Ibrahim AS.

Mang Oded menyampaikan seruan tersebut saat membedah Alquran Surat Al-Mumtahanah ayat 4, dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara ini berlangsung di Masjid Utsman Bin Affan Jalan Cempaka Arum, Rabu 28 Oktober 2020 malam. Adapun terjemahan dari Alquran Surat Al-Mumtahanah ayat 4:

“Sungguh, telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya, ketika mereka berkata kepada kaumnya:

Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami mengingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu ada permusuhan dan kebencian untuk selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja.

Kecuali perkataan Ibrahim kepada ayahnya, ”Sungguh, aku akan memohonkan ampunan bagimu, namun aku sama sekali tidak dapat menolak (siksaan) Allah terhadapmu.” (Ibrahim berkata), “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal dan hanya kepada Engkau kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.”

Dari penjelasan surat tersebut Oded mengungkapkan, agar lebih dekat kepada Allah SWT, maka manusia harus mengikuti salah satu jejak dari Nabi Muhammad SAW dan Ibrahim AS.

“Ada dua hamba Allah dinyatakan berhasil dalam pembinaannya yaitu Nabi Muhammad SAW dan Ibrahim AS,” ungkapnya.

Mang Oded menerangkan, kedua nabi tersebut dikenal dengan kekasih Allah. Dengan julukan Nabi Muhammad SAW yaitu Habiballah dan Nabi Ibrahim  AS yaitu Khalilullah.

Ibrahim dan Muhammad kekasih Allah

“Bukan hanya Uswatun Hasanah penghargaan yang berikan oleh Allah. Kita kenal Nabi Muhammad dengan sebutkan Habiballah kekasih Allah, begitu juga Ibrahim, julukan Khalilullah kekasih Allah. Dalam Bahasa Arab itu sama maknanya,” sambungnya.

Untuk itu, Mang Oded mengajak kepada umat muslim agar memaknai surat tersebut dengan baik. Karena intinya, apa pun yang dilakukan untuk kehidupan dunia dan akhirat, perlu memahami Alquran dengan baik.

“Maknanya adalah Allah memberikan pesan. Manusia harus teladan dalam perjuangannya,” ucapnya. (Yatni Setianingsih/simmanews.com)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here