Mang Oded: Pramuka harus ikut atasi sampah

sampah
Mang Oded saat bertemu dengan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bandung, Eddy Marwoto di Balai Kota Bandung. (Dok Pemkot Bandung)

Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta Pramuka Kota Bandung, turut serta dalam mengatasi masalah sampah secara mandiri.

Pasalnya sambung Mang Oded, sampah menjadi permasalahan yang sangat krusial dan masih menjadi pekerjaan rumah.

“Harus ada gerakan atau program pengelolaan sampah yang fokus dengan menerapkan skala prioritas program di Kwarcab Pramuka Kota Bandung,” ucap Mang Oded saat bertemu dengan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bandung, Eddy Marwoto di Balai Kota Bandung, Kamis 15 Oktober 2020.

Mang Oded selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Bandung menjelaskan Kwarcab Pramuka Kota Bandung dapat mensosialisasikan pengelolaan sampah kepada masyarakat.

“Saya berharap semua komunitas termasuk pramuka ikut juga dengan mensosialisasikan, edukasi serta mempraktikkan,” tegas Mang Oded.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bandung, Eddy Marwoto mendukung Pemerintah Kota Bandung dalam mengatasi permasalahan sampah.

Kwarcab Pramuka Kota Bandung akan memasifkan edukasi kepada masyarakat.

“Pramuka sebagai organisasi yang pertama memberikan contoh dan teladan kepada masyarakat,” ucap Eddy.

Eddy mengatakan Kwarcab Pramuka Kota Bandung segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan yang lain supaya edukasi dan sosialisasi lebih tepat sasaran.

“Nanti kita akan melakukan kerja sama dengan Kwaran (Kwartir ranting) tingkat kecamatan,” kata Eddy.

Baca Juga:

Edukasi dan sosialisasi virtual

Eddy menjelaskan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, kemungkinan akan melakukan edukasi dan sosialiasi  secara online.

“Sasaran kita peserta didik, jadi agak sulit (mengedukasi). Kemungkinan kita akan coba secara virtual atau konsep lain,” ujarnya.

“Selain itu kita akan cari ilmunya dulu dan berkoordinasi dengan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan). Setidaknya para pengurus Kwarcab paham mengenai pengelolaan sampah mandiri,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Mang Oded telah menggulirkan salah satu program untuk penanganan sampah Kota Bandung.

Program tersebut bernama Kang Pisman yaitu kurangi, pisahkan, dan manfaatkan sampah.

Hal ini mulai dari rumah yakni mengurangi, memisahkan jenisnya, dan mengolah sampah untuk dapat bermanfaat kembali. (Yatni Setianingsih/simmanews.com)

Baca juga:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here