Lembang disebut sudah siap jadi kota baru

Gerbang Tangkubanparahu, Jalan Lembang-Subang. (Iman Herdiana/Simmanews)
Gerbang Tangkubanparahu, Jalan Lembang-Subang. (Iman Herdiana/Simmanews)

Lembang diusulkan menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang harus dimekarkan menjadi kota baru. Lembang disebut sudah mensiapkan dokumen pemekaran.

Isu pemekaran Lembang dan daerah lainnya terungkap saat Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum beraudiensi dengan Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) Jabar dan Forum Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Gedung Sate, Bandung, Selasa, 3 November 2020.

Ketua Umum Forkodetada Jabar Rd H Holil Aksan Umarzen bilang, dari sembilan CDOB yang diajukan, lima di antaranya sudah menyelesaikan dokumen kepentingan pemekaran, yakni Kota Lembang serta Kabupaten Cikampek, Bandung Timur, Garut Utara, dan Indramayu Barat.

Baca juga:

“Kalau dari yang tergabung di Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah Jawa Barat, kita yang terus aktif untuk memperjuangkan CDOB yang serius itu ada sembilan, yang sudah kira-kira mendekati kesiapannya ada lima,” tutur Holil.

Holil menambahkan, selain untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat dan tata kelola pemerintahan, pemekaran wilayah di Jabar juga dibutuhkan untuk mengembangkan potensi daerah termasuk ekonominya sehingga akan mensukseskan pembangunan Jabar.

Ia menjelaskan pemekaran akan bikin tata kelola pemerintahan dan tata kelola masyarakat lebih optimal.

“Dan juga dalam mengembangkan potensi-potensinya lebih fokus, karena Jawa Barat ini hampir semua daerah punya potensi,” ujar Holil.

Menurutnya, daerah yang diusulkan pemekaran memiliki potensi tersendiri. Misalnya, Lembang yang merupakan kawasan wisata. Kemudian ada kawasan industri, atau kawasan yang bernilai ekonomi lainnya.

“Itu jika dikaji dan dikelola dengan benar, saya yakin penambahan kabupaten/kota pemekaran di Jawa Barat tidak akan ada yang gagal,” katanya.

Adapun sembilan CDOB yang diajukan Forkodetada hari menambah deretan CDOB yang sudah diutarakan sebelumnya, termasuk tiga CDOB yang tengah dimatangkan yakni Bogor Barat, Garut Selatan, dan Sukabumi Utara.

Baca juga:

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam web seminar (webinar) Universitas Paramadina “The Implementation of Regional Economy in West Java” pada Rabu, 14 Oktober 2020, menyatakan, pemekaran wilayah menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah di Jabar.

Selain itu, secara ekonomi dalam pemerintahan terdapat ketidakadilan fiskal terhadap Jabar dari pemerintah pusat.

Hal ini berpengaruh terhadap pelayanan publik dan penggerakan ekonomi. Sehingga idealnya, Jabar memiliki 40 daerah kabupaten/kota. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here