Kisah mobil antik harga selangit dan dongeng aneh soal lampu menyala sendiri

mobil antik
Instagram Gurame Edan

Iwan Fals dalam salah satu lagunya bilang, tunggu nanti di tahun 2001, mungkin opletmu jadi barang nyentrik yang harganya selangit. Lagu tersebut mungkin kini telah menjadi kenyataan. Harga mobil-mobil tua sekarang selangit.

Adi F Wijaya alias Abah Ochun, pemilik bengkel spesialis mobil antik Gurame Edan, menuturkan dulu harga mobil tua yang sudah jadi rongsokan sangat murah.

Abah Ochun menggeluti hobi mobil tua sejak keluar SMA tahun 1995. Waktu itu mobil antik yang pertama ia miliki Jeep Land Rover yang kondisinya berat, perlu perbaikan sana sini.

Land Rover kemudian dijual Rp6,6 juta untuk mendapatkan Chevrolet Apache, mobil jenis pickup bekas angkot yang sudah lama mangkrak.

Kondisi Chevrolet Apache sangat berat dan parah, bodinya dilumuri karat dan debu tebal. Ia ‘menemukan’ mobil mirip oplet itu di Arjasari, Banjaran. Harganya cuma Rp4,5 jutaan.

“Kondisinya berat pisan. Tapi mesin masih hidup,” tutur Abah Ochun, saat berbincang dengan Simmanews di bengkel Gurame Edan, Jalan Sariasih 1 blok 2/96 Bandung, akhir pekan kemarin.

Baca juga:

Abah Ochun sabar membangun temuan yang kelak menjadi harta karun. Karena kecintaannya pada mobil tua – termasuk motor tua karena ia keluarga besar Bikers Brotherhood 1% MC – ia serius menekuni bengkel mobil tua Gurame Edan.

Pembangunan dan perawatan mobil tua berbeda dengan mobil modern. Jarang bengkel mobil modern yang bisa ngebengkel mobil tua.

Ketekunan Abah Ochu yang luar biasa berhasil menghidupan Chevrolet Apache menjadi mobil mulus dan bisa keluyuran di jalan raya, bikin ngiler mata kolektor barang antik.

Abah Ochun melanjutkan hobinya berburu barang antik hingga berhasil mendapatkan Jeep Willys. Sekarang, baik Land Rover, Apache maupun Willys harganya sudah mencapai ratusan juta.

“Sekarang Land Rover dan Willys harganya ratusan juta, di atas Rp200 juta,” kata pria berambut gondrong yang kini punya Ford buatan tahun 1942.

Abah Ochun melakukan perburuan mobil tua ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan ke luar negeri. Ia biasa berburu ke Kepulauan Riau, Tanjung Karimun, Thailand, dan Myanmar.

Awalnya, ia hanya berburu di sekitaran Jawa saja. Namun mendapatkan mobil tua di pulau Jawa kini juga sulit karena harganya yang sudah mahal, sudah banyak orang hobi berburu mobil tua, banyak juga yang paham bahwa harga mobil antik ini tidak sembarangan.

Sekarang harga mobil-mobil tua setara dengan mobil-mobil anyar. Faktor yang mendongkrak harga mobil-mobil jadul tak lepas dari keunikan dan kelangkaannya.

“Selain barangnya langka, harga ini juga muncul dari kolektor. Dan harga di kolektor ini yang jadi patokan,” terangnya.

Adi F Wijaya alias Abah Ochun, pemilik bengkel spesialis mobil tua Gurame Edan. (Iman Herdiana/Simmanews)
Adi F Wijaya alias Abah Ochun, pemilik bengkel spesialis mobil tua Gurame Edan. (Iman Herdiana/Simmanews)

Sebagai pendiri bengkel Gurame Edan yang spesialis membangun mobil-mobil tua, kenaikan harga mobil antik tersebut tentu menambah kebanggaan. “Itu salah satu yang bikin saya semangat bisa betulin mobil yang harganya bisa segitu. Membangkitkan mobil rongsokan jadi punya harga tinggi,” ucapnya.

Harga tersebut berlaku bagi mobil tua yang bersifat custom seperti mobil-mobil tua yang dikerjakan Gurame Edan, artinya suku cadangnya bukan orisinal. Nah, untuk mobil tua yang orisinalan harganya bisa lebih gila lagi.

Baca juga:

Belum lagi mobil-mobil tua yang punya nilai sejarah seperti yang pernah dikendarai atau dimiliki Presiden Soekarno atau tokoh nasional dan dunia lainnya yang harganya sulit jika cuma dinilai rupiah.

Namun Abah Ochun mengaku belum mendapat mobil tua bekas tokoh terkenal. Tapi ia yakin setiap mobil antik memiliki nilai sejarah seiring bertambahnya usia.

Ada juga pengalaman supranatural yang meliputi mobil ini yang kalau diceritakan bisa panjang dan tidak masuk akal. “Misalnya ada mobil rongsok yang tiba-tiba lampunya nyala sendiri. Banyak cerita yang kalau didongengkan mah lucu,” katanya sembari tertawa.

Faktor lain yang bikin mobil tua harganya melambung ialah sulitnya suku cadang. Abah Ochun biasa mendapatkan suku cadang ini dari luar negeri atau bikin sendiri. Tidak jarang ia memakai suku cadang dari mobil lain. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here