Kisah driver ojol cari alamat demi kembalikan dompet berisi Rp1,6 juta

Wahyu Solehudin, driver ojol jujur, saat bertemu Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Pemkot Bandung)
Wahyu Solehudin, driver ojol jujur, saat bertemu Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Pemkot Bandung)

Di zaman serba berat karena krisis pandemi Covid-19, kejujuran dan empati tetap dipegang teguh Wahyu Solehudin. Driver ojol berusia 44 tahun ini menemukan dompet dan berjuang mengembalikan ke pemiliknya.

Warga Kota Bandung tersebut harus keliling Cigugur Tengah, Cimahi Tengah, Jawa Barat, demi mengembalikan dompet yang ia temukan.

Kisah inspiratif ini berawal ketika Wahyu menemukan dompet di sekitar Sukajadi pada November 2020. Saat itu ia tengah menuju Cimahi.

Baca juga:

Usai menemukan dompet, Wahyu berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk memberikan ke pemiliknya bernama Samuel Leonardi Naibaho. Di dalam dompet ada uang Rp1,6 juta.

Wahyu tak merasa tenang selama dompet itu belum kembali ke tuannya. Dengan usaha dan bantuan dari teman-teman ojol, ia pun berkeliling mencari alamat sesuai dengan KTP lamanya.

Warga sekitar alamat pemilik dompet bilang, bahwa sang pemilik sudah tidak berada di lingkungan itu.

Tak berhenti di situ, ia pun kembali memeriksa dompet yang ditemui dan ditemui alamat lain pada SIM yang dimiliki oleh Samuel Leonardi Naibaho.

Wahyu bergegas ke alamat tersebut. Setelah susah payah mencari alamat, akhirnya ia bisa bertemu Leonard.

Pemilik dompet mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kejujuran dan kesungguhan untuk mengembalikan dompet.

“Ketika saya bertemu dengan pemilik dompet itu, dia mengucapkan terima kasih. Lalu saya dan istri pun diajak makan dan dikasih uang. Alahmdulilah,” tutur Wahyu, saat bertemu Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Rabu 3 Februari 2021.

Baca juga:

Kejujuran Wahyu diunggah di akun Instagram pemilik dompet, @muelleon. Berikut tulisannya di Instagram:

“SIAPA DI ANTARA KALIAN YANG BERANI NGEMBALIIN DOMPET BERISI 1,6 JUTA DI DALAMNYA? Betapa beruntungnya aku, betapa beruntungnya @grabid, betapa beruntungnya orang-orang yang mengenal dan menjalin silaturahmi dengan pak Wahyu.

“Wahyu Solehudin (44) benar-benar berhati mulia. Seminggu lalu (21/11) aku kehilangan dompet. Panik, kacau, dan blablabla. Singkat cerita, belum genap 24 jam dompet sudah di tanganku setelah pak Wahyu keliling Cigugur Tengah cari alamatku cuma buat ngembaliin dompet orang yang ga dikenalnya. Edan! Mungkin kalau aku nemu dompet ada jutaan duit dan susah nyari alamat pemilik, udah kuanggap hak milik. Ia kesulitan cari alamatku karena di dompet masih kusimpan KTP lama.”

“Pas pak Wahyu ngembaliin dompet, aku ga di rumah. Jadi dompet dititipkan ke kakak. Aku merasa harus bertemu dengannya, mengucapkan terima kasih dan rasa hormat secara langsung, serta memberikan imbalan sebagai bentuk apresiasi (kecil) atas kebaikannya yang sangat besar. Kami sepakat ketemu di salah satu restoran di Bandung. Awalnya kuharap ia datang bareng istri dan anaknya. Rupanya, istrinya sedang sakit. Anaknya sudah meninggal 20 hari setelah dilahirkan.”

“Mendengar sedikit-banyak cerita pak Wahyu, kehidupannya memang berat. Bekerja sebagai driver ojol tidak cukup. Ia juga guru di salah satu pondok, kadang juru masak, dan serabutan lainnya.”

“Aku ga bisa bantu banyak. Aku kasih apa yang bisa kukasih. Cuma satu dari seribu yang seperti pak Wahyu.”

“Kawan-kawanku di media, tolong bantu sebar postingan ini supaya banyak orang mengenal pak Wahyu dan dari situ rezeki pak Wahyu melimpah. Hidup berkecukupan, penuh kebahagiaan, diberi keselamatan, dan segala doa baik untuknya. Grab Indonesia beruntung punya mitra driver bernama Wahyu Solehudin.”

“Mari belajar jadi orang baik seperti beliau. Ini bukan cuma tentang nominal duit yang dikembalikan secara penuh. Ini tentang kemurahan hati, kemuliaan batin.”

Baca juga:

Mengetahui kisah itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana satut atas kejujuran Wahu. Ia pun bertima kasih atas daya dan upaya keras Wahyu yang menunjukkan sifat kebaikan warga Kota Bandung.

“Ya orang Bandung ‘someah hade ka semah’ juga jujur. Ini luar biasa Pak Wahyu berusaha buat ngembaliin dompet kepada pemiliknya,” tutur Yana.

Yana berharap kejadian ini menjadi isnpirasi bagi semua orang untuk bersikap jujur. “Terima kasih banyak, mudah-mudahan menginsipirasi orang-orang,” kata Yana. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here