Keripik Basreng Ceu Uneng dari Margahayu “diekspor” ke Kudus

Keripik Basreng Ceu Uneng
Keripik Basreng Ceu Uneng. (Dok Keripik Basreng Ceu Uneng)

Dahulu bakso identik dengan makanan berkuah. Memasuki tahun 2000-an, bakso diolah dengan beragam pilihan, salah satunya dibuat keripik lalu digoreng dan menjadi basreng atau keripik basreng.

Salah satu home industri yang membuat basreng sebagai produk utamanya yaitu Agus Koswara (Mang Ndun), pemilik Keripik Basreng Ceu Uneng yang rumah produksinya berada di Kampung Cilisung Gang A Hidayat No 9 RT/RW 01/05, Desa Sukamenak Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung.

Keripik basreng buatan Mang Ndun bertekstur garing yang kriuk dengan beragam pilihan rasa yang memikat, yaitu original alias asli rasa bakso yang gurih.

Penyuka barbeque bisa mencicipi keripik basreng yang diberi bumbu barbeque. Sementara pecinta makanan pedas bisa memilih basreng pedas yang seuhah (pedas), untuk yang suka jagung bakar plus basreng, pilihan basreng berbumbu jagung bakar pas untuk dipilih.

Sementara untuk penggemar keju, basreng rasa keju sangat rekomendasi sekali untuk dipilih. Kriuknya basreng berpadu sempurna dengan gurihnya keju.

Mang Ndun yang memulai bisnisnya sejak 2014, menjelaskan pembuatan keripik basreng ini membutuhkan waktu beberapa hari hingga tersaji menjadi cemilan yang lezat.

“Bakso dimasukkan ke dalam freezer (bagian di lemari pendingin), kemudian dipotong-potong tipis,” ucap Mang Ndun kepada Simmanews.com, Senin, 5 Oktober 2020.

Keripik Basreng Ceu Uneng. (Dok Keripik Basreng Ceu Uneng)
Keripik Basreng Ceu Uneng. (Dok Keripik Basreng Ceu Uneng)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

Setelah itu potongan bakso dijemur di terik matahari, setelah kering baru digoreng, dan ditiriskan. Untuk basreng dengan rasa original, Mang Ndun tidak memberikan bumbu tambahan.

Sementara untuk rasa pedas, barbeque, jagu bakar, dan keju setelah ditiriskan baru dibumbui hingga merata. Kerenyahan Basreng Ceu Uneng ini bisa bertahan selama dua bulan di suhu ruangan dan disimpan di dalam wadah kedap udara.

“Selain di Bandung, Basreng Ceu Uneng sudah dijual ke Tangerang dan Kudus,” ucap Mang Ndun.

Untuk menikmati Basreng Mang Ndun, pecinta kuliner bisa membelinya di toko oleh-oleh di Bandung. Selain itu, bisa juga memesannya di nomor WhatsApp 0822-1927-4385.

Harga basreng ini cukup murah yaitu Rp15.000 per kemasan dengan berat 125 gram. Selain kemasan kecil pembeli bisa juga membeli kiloan dengan harga Rp60.000 per kilogram. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here