Jadul tapi gaul, mau beli motor Utah Lalay Suzuki FR dan Yamaha V? Ini tempat dan harganya

utah lalay
Touring komunitas utah lalay (utahlalay.id)

Akhir-akhir ini pecinta sepeda motor jadul jenis bekjul (bebek 70) terus meningkat. Pemiliknya sangat beragam, termasuk generasi milenial dan generasi setelahnya. Terlebih penggemar motor bekjul 2 tak ini didukung komunitas, salah satunya Utah Lalay.

Utah Lalay selain komunitas juga melakukan jual beli bekjul jenis 2 tak merek Suzuki FR dan Yamaha V series yang bahan bakarnya campuran bensin dengan oli samping.

Pendiri komunitas Utah Lalay, Bandung, Asep Kurniawan yang lebih karib disapa mang Ukir, juga menggeluti bisnis jual beli motor Suzuki FR dan Yamaha V series. Dua series motor ini disebut juga motor Utah Lalay.

“Saya mendatangkan motor Utah Lalay dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau di Jawa Barat sini, motor Utah Lalay masih jarang,” kata mang Ukir, saat berbincang dengan Simmanews, Sabtu malam, 28 November 2020 di Cudeto Café, Bandung.

Mang Ukir sengaja menekuni bisnis jual beli Suzuki FR dan Yamaha V series ‘Utah Lalay’ untuk menyediakan kebutuhan anggota komunitas atau pecinta motor bekjul 2 tak.

Hal itu dilakukan pula untuk menghindari jual beli di media sosial yang tidak sedikit berujung tipu-tipu.

“Biar ga kena tipu-tipu di medsos, di sini kita jamin kualitas motornya siap pakai,” kata Mang Ukir.

Peminat motor Utah Lalay terus tumbuh. Awalnya motor Utah Lalay dipakai kalangan terbatas.

Mang Ukir sendiri mendirikan komunitas Utah Lalay bersama istrinya, Ria Anggraeni, yang juga aktif di keluarga besar motor gede (moge) Bikers Brotherhood 1% MC. Mereka ingin media (sepeda motor) komunitas yang baru, maka dipilhlah motor Suzuki FR dan Yamaha V series.

Pasangan suami istri tersebut sering touring denan Suzuki FR dan Yamaha V series hingga akhirnya banyak keluarga Bikers Brotherhood 1% MC yang pesan motor buatan Jepang tersebut.

Bahkan, anak-anak teman-teman Mang Ukir juga menyukai motor jadul tapi gaul ini. “Peminat tumbuh. Followers di Instagram tumbub bisa 200 per minggu. Peminatnya banyak kalangan SMA-SMP,” kata mang Ukir.

Mang Ukir membuka bisnis jual beli nenek moyang motor bebek tersebut secara online dan offline, yakni di Kleub Haus Cudeto Café Resto Jalan Cikutra 187 Bandung dan Instagram Utah Lalay Garage.

utah lalay

Harga Suzuki FR dan Yamaha V yang ditawarkan mulai Rp3 sampai Rp30 jutaan, tergantung kondisi dan tingkat kelangkaannya.

“Suzuki kuntul bisa Rp30 juta, karena langka dan spesifikasinya beda,” terang Mang Ukir, yang dalam sebulan bisa menjual 8-10 unit motor Utah Lalay.

Baca juga:

Menurutnya, sepeda motor Utah Lalay banyak didatangkan dari luar Jawa Barat karena di Jawa Barat sendiri langka. Mang Ukir menduga, dulunya distribusi motor Utah Lalay lebih banyak di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sedangkan Jawa Barat lebih banyak distribusi bekjul jenis 4 tak. “Untuk bekjul 4 tak kita tidak main karena sudah banyak. Yang 2 tak lebih unik,” katanya.

Mang Ukir mengklaim komunitasnya telah mematahkan mitos bahwa sepeda motor jenis 2 tak tidak sanggup menempuh meda Jawa Barat yang berkontur berlembah dan berbukit.

Ia sudah membuktikan touring ke seputaran Jawa Barat, dan Alhamdulillah perjalanan lancar-lancar saja. Ia juga menepis kalau motor 2 tak lebih boros. “Komunitas Utah Lalay pernah ke Bali, bensin dan oli sampingnya tidak lebih dari Rp500 rebu,” tuturnya. (Iman Herdiana/Simmanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here