Ini kisah tentang botol Aqua bekas yang bisa menjadi kemasan baru berkualitas

Kemasan botol
Kemasan botol aqua life 100 persen bahan daur ulang (sehataqua.co.id)

Proses daur ulang Aqua Life melewati perjalanan panjang sebelum akhirnya menjadi kemasan botol yang sampai ke tangan konsumen.

“Limbah kemasan botol plastik dari pengepul setelah proses sortir kemudian diolah menjadi biji plastik,” kata KAE AFH West JavaJava Danone, Furry Satria Nawawi kepada Simmanews di Dakken Restoran Jalan Riau (LLRE Martadinata), Bandung, Kamis 22 Oktober 2020.

Adapun proses daur ulang Aqua meliputi, kemasan botol plastik bekas dari berbagai merek yang terkumpul dari pemulung, bank sampah, maupun drop box masuk ke Recycle Business Unit (RBU) yang bekerja sama dengan Aqua.

Kemasan botol plastik kemudian melewati proses seleksi, antara bagian yang laik untuk daur ulang atau tidak.

Kemasan bekas yang masuk seleksi yaitu plastik dari bahan Polyethylene Terephthalate (PET) yang terdapat pada bagian tubuh botol. Tubuh botol dipisahkan dari tutup dan labelnya.

Kemasan plastik tersebut kemudian masuk dalam mesin pencacah sehingga menjadi potongan plastik kecil. Potongan plastik ini masuk ke proses pembersihan dengan air, lalu dikeringkan.

Baca juga:

Selanjutnya potongan plastik kecil masuk pabrik daur ulang plastik yang menjadi mitra Aqua untuk diolah menjadi resin recycle PET (rPET). Resin ini diolah menjadi bahan baku botol yang disebut dengan preform.

Preform lalu masuk ke pabrik Aqua, kemudian masuk proses menjadi botol baru siap pakai.

Aqua memilih PET sebagai bahan baku kemasannya karena terkait keamanannya. Kemasan ini tidak akan mencemari tubuh konsumen dan dapat menjaga kualitas air.

Plastik jenis PET juga dapat didaur ulang kembali sehingga berpotensi meningkatkan ekonomi pengepul barang bekas.

Daur ulang PET pun dapat memangkas ketergantungan pada bahan baku fosil. Pasalnya PET dapat menghemat emisi karbon sampai 75 persen dibandingkan PET baru. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here