Info traveling, catat nih syarat pelesir pakai pesawat di musim pandemi Covid

traveling
Ilustrasi. (Instagram angkasapura2)

Banyak hal yang harus disiapkan saat traveling dalam masa pandemi Covid-19, mulai dana, destinasi wisata yang menjadi tujuan, tempat menginap, dan jadwal perjalanan (itinerary).

Ada beberapa syarat penting yang wajib disiapkan wisatawan dalam negeri yang menggunakan pesawat terbang menuju tempat liburan.

Berikut adalah syaratnya, seperti dikutip dari Instagram resmi PT Angkasa Pura II (Persero) @angkasapura2, berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 9 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19:

  1. Mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih
  2. Menunjukkan identitas diri (KTP/Tanda pengenal lainnya yang sah).
  3. Menunjukkan surat keterangan uji tes PRC negatif atau surat keterangan uji Rapid-Test non reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan.
  4. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa dari dokter rumah sakit atau puskesmas. Syarat ini berlaku bagi traveler yang berasal dari daerah yang tidak memiliki fasilitas Test PCR Rapid-Test.

Baca juga:

Harus bikin elektronik Health Alert Card

Salah satu traveler asal Bandung, Taufik, yang baru saja melakukan perjalanan ke Bali menggunakan pesawat terbang, mengaku tidak merasa keberatan dengan adanya peraturan ini.

“H-1 sebelum berangkat, saya melakukan Rapid Test pada salah satu laboratorium klinik. Alhamdulillah hasilnya negatif,” cerita Taufik kepada Simmanews.

Taufik mengeluarkan biaya rapid test Rp230 ribu dan surat hasil rapid berlaku selama 14 hari. Sehingga saat kembali lagi ke Bandung sebelum 14 hari, menggunakan pesawat terbang, Taufik tidak melakukan Test PCR Rapid-Test lagi.

“Selain surat negatif Covid-19, kita harus mendownload dan mengisi dan bisa juga mencetak eHAC pada ponsel sebelum berangkat,” tambah Taufik.

eHac adalah kartu kewaspadaan kesehatan versi elektronik. Isian dalam eHac meliputi data diri, lokasi tujuan, lokasi asal, gangguan kesehatan (jika memiliki gejala), dan persetujuan tentang data yang telah diisi.

Jadi, sudah siapkah traveling di musim pandemi? Tetap hati-hati dan taat protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yesss!!!. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here