Hebat! UMKM Kota Bandung siap ekspor ke Selandia Baru

ekspor
Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah (Dok Pemkot Bandung)

Sejumlah produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari Kota Bandung masuk pasar ekspor Selandia Baru. Komoditas yang diekspor adalah pakaian, kerajinan tangan, dan jam meskipun masih berupa sampel (contoh).

UMKM tersebut yaitu Odora Knitwear, CV Kampoeng Radjoet Bandoeng, Sofia Handicraft, Tulatali, Bohemian Project ID, Sharena, dan Pala Nusantara.

Baca juga:

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan telah mengirim sample produk untuk ekspor ke Selandia Baru pada 24 September 2020.

“Saya berharap pengiriman sampel ini akan memberikan manfaat ke depannya berupa pesanan kepada para pelaku usaha produk lokal Kota Bandung,“ kata Elly dalam keterangan resminya, Jumat 16 Oktober 2020.

Menurut Elly pencapaian ini setelah pihaknya mengikuti program Kementerian Perdagangan (Kemendag), yaitu program Mentoring Go Export Business Matching, Designer Dispatch Service (DDS), dan Rebranding.

“Mentoring Go Eksport khusus untuk 85 pelaku usaha yang memang produknya sudah orientasi ekspor,” ujar Elly.

Selain itu juga mengikuti pameran di Korea, sehingga produk kreatif Bandung berhasil menembus pasar produk ke 8 Kota yang merupakan Sister City Kota Bandung.

Target ekspor Kota Bandung turun

Target nilai ekspor Kota Bandung pada 2020 ini sebesar 467 juta dollar AS. Akibat pandemi Covid-19, Elly Wasliah bilang pihaknya menurunkan target ekspor menjadi 321 juta dollar AS.

“Meskipun begitu, bukan tidak mungkin pada periode akhir 2020 realisasi ekspor tersebut dapat mencapai target,” kata Elly.

Sebelumnya, ada tiga pelaku usaha yang telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kontrak kerja sama dengan Australia. Salah satunya pelaku usaha kuliner dengan nilai kontrak Rp337 juta.

Ada pula lima pelaku usaha yang MoU dengan Nigeria, Afrika Barat dengan nilai Rp432 juta. (Yatni Setianingsih/simmanews.com)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here