Habibie bikin Kota Bandung punya saudara kembar di AS

BJ Habibie - Tugu sister city Kota Bandung Forthworth di Jalan Wastukancana. (Humas Pemkot Bandung)
Tugu sister city Kota Bandung Forthworth di Jalan Wastukancana. (Humas Pemkot Bandung)

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng atau akrab dikenal BJ. Habibie punya ikatan emosional cukup kuat dengan Kota Bandung, walaupun ia terlahir di Parepare, Sulawesi Selatan.

Presiden ke-3 RI yang menggantikan Soeharto itu di masa mudanya sempat sekolah di Bandung. Habibie juga menemukan cinta sejatinya, Hasri Ainun Besari, di Kota Kembang.

Di Bandung pula kariernya melejit sebagai pemimpin Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN). Kini IPTN berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang merupakan BUMN di bidang industri pesawat terbang.

Berkat jasa Habibie selama memimpin IPTN, Bandung punya kota saudara atau sister city, yakni Forthworth Texas Amerika Serikat

Kota Forthworth merupakan salah satu dari 13 sister city Kota Bandung. Dasar kerja sama ini dilatarbelakangi oleh kerja sama IPTN dengan Pabrik Helicopter BELL.

BJ Habibie - simmanews
BJ Habibie (kanan). (Dok ITB)

        Baca juga artikel Simmanews lainnya:

Fort Worth adalah kota di negara bagian Texas, Amerika Serikat. Kota ini merupakan kota terbesar kelima di Texas sekaligus kota terbesar ke-19 di Amerika Serikat.

Hubungan sister city Kota Bandung dengan Fort Worth berawal dari saran BJ. Habibie saat menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi yang juga menjabat Direktur Utama IPTN.

Sister city ini diresmikan 2 April 1990 oleh Wali Kota Bandung Ateng Wahyudi dan Wali Kota Fort Worth, Bob Bolen. Penanda hubungan kedua kota ini ditandai dengan dibangunnya tugu sister city Kota Bandung Forthworth di Jalan Wastukancana.

Sejak itulah kota kembar tersebut saling bekerja sama, salah satunya yaitu di bidang pendidikan. Setiap tahun, kedua kota saling menggelar pertukaran pelajar.

Pada 2019 lalu, 6 pelajar dan seorang guru dari Forth Worth ke Kota Bandung tinggal di rumah-rumah siswa SMAN 5 Bandung untuk menjadi keluarga asuh mereka.

Selama di Bandung, pelajar dari Fort Worth tersebut mengunjungi tiga sekolah, yakni SMAN 5 Bandung, SMA BPI 1 dan SMA Taruna Bakti.

Habibie, perancang pesawat CN235, N250, N2130 yang menjadi kebanggaan Indonesia, lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Ia wafat setahun lalu tepatnya 11 September 2019.

Wakil Presiden ketujuh RI tersebut meninggal pada usia 83 tahun di Jakarta. Almarhum kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari yang lebih dulu meninggal di Jerman 22 Mei 2010. (Yatni Setianingsih/Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here