Fasilitas PT KAI untuk UMKM, murahkan ongkir pengiriman barang

umkm pt kai
Bantuan PT KAI. (Dok PT KAI)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mitra Binaan KAI, yang tersebar pada berbagai wilayah untuk menjual secara online hasil produksinya.

Dorongan tersebut sebagai upaya menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Sektor bisnis yang berada dalam Mitra Binaan KAI yakni industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan jasa.

PT KAI memfasilitasi para pelaku UMKM yang berjualan secara online dalam hal pengiriman barang. Sejak pandemi Covid-19, KAI memberikan tarif pengiriman barang yang ringan melalui angkutan khusus pengangkutan barang bernama Rail Express.

Mengutip laman kai.id Rail Express merupakan layanan KAI untuk jasa angkutan retail station to station dan station to point dengan harga terjangkau yang tersedia pada 60 stasiun.

Baca juga:

Contoh Tarif Rail Express rute Jakarta – Bandung Rp600/kg, rute Jakarta – Surabaya Rp1.500/kg, dan rute Jakarta – Malang Rp1.700/kg.

Untuk menikmati tarif tersebut, pelanggan minimal mengirimkan paket dengan berat 5 kg.

“Harapannya UMKM yang KAI bina semakin yang berkembang usahanya. Dengan berputarnya roda ekonomi di sektor UMKM, dapat mendukung pemulihan peroknomian nasional,” kata Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus.

Tak hanya UMKM, masyarakat umum dapat menggunakan angkutan ini termasuk pengiriman kendaraan bermotor yang tarifnya berlaku berdasarkan kapasitas cubical centimeter (CC).

KAI untuk UMKM

Dukungan KAI kepada UMKM binaanya menyalurkan bantuan dana modal kepada 2.438 UMKM Mitra Binaan KAI yang tersebar pada berbagai wilayah.

KAI menargetkan program dana bantuan yang tersalurkan bagi UMKM pada 2020 ini mencapai Rp9,4 miliar atau naik 8 %, berdasarkan penyaluran pada 2019 sebesar Rp8,7 miliar.

Selain pembiayaan modal usaha, KAI juga melakukan pembinaan dan pelatihan. Pelatihan terdiri dari proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya.

Baca juga:

Masa pandemi Covid-19, KAI mendukung UMKM mitra binaan dengan memesan masker dan baju alat pelindung diri (APD) cover all.

UMKM tersebut berasal  dari Bandung dan Yogyakarta. KAI menyerahkan masker dan APD cover all tersebut kepada  pihak terkait.

Pihak tersebut membagikannya kepada  masyarakat dan rumah sakit, yang membutuhkan.(Yatni Setianingsih/simmanews.com)

Baca juga:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here