Dadang dan Sahrul: pemerintah daerah dan pusat harus sinergi

Dadang-Sahrul
Pasangan Dadang-Sahrul. (Youtube)

Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan sebagai pasangan calon (paslon) nomor urut 3 pada Pilkada atau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung menilai daerah harus proaktif mengajukan kepada pemerintah pusat tentang potensi wilayahnya.

Pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas tema debat publik kedua dalam rangkaian kampanye Pilkada Kabupaten Bandung, “Peningkatan Pembangunan dan Penyelesaian Persoalan Daerah serta Sinergitas Pembangunan Kabupaten Bandung dan Nasional dalam Rangka Memperkokoh NKRI”.

“Satu hal contohnya di bidang pariwisata, peran pemerintah daerah juga perlu proaktif mengajukan,” kata calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Sahrul Gunawan, dalam debat publik yang digelar KPU Kabupaten Bandung dan disiarkan TVRI Jawa Barat, Sabtu, 14 November 2020.

.Baca juga:

Bintang sinetron Jin dan Jun itu bilang Kabupaten Bandung memiliki potensi wisata yang besar di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Seperti misalnya perusahaan BUMN yang ada di pusat seperti perhutani, kemudian PTPN di bidang pariwisata diajukan ada program sehingga pemerintah juga membantu,” terang Sahrul.

Sehingga menurut Sahrul, daerah dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang akhirnya masyarakat Kabupaten Bandung dapat merasakan kesejahteraan.

Kewajiban dasar daerah kepada pusat

Sementara menurut Dadang menyatakan soal esensi dan implementasi terhadap pembantuan dari pemerintah pusat kepada daerah, berdasarkan dana yang telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23  tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Tentunya di sini ada dua kategori pertama berdasar dari dana alokasi umum yang sifatnya wajib, yang kedua dana alokasi khusus,” ucap calon Bupati Kabupaten Bandung dari PKS, PKB, Partai Nasdem, dan Demokrat ini.

Untuk itu, jika terpilih jadi Bupati Bandung, Dadang berjanji akan mengimplementasikan kewajiban dasar dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat berdasarkan UU tersebut.

“Tentunya sinergitas, kolaborasi, dan koordinasi ini patut dilakukan,” tegasnya. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here