Cara mengetahui bakso daging sapi berkualitas dengan dilempar

bakso daging sapi
Ilustrasi bakso daging sapi. (Muhammad Pasha (Aca)/Simmanews)

Siapa yang tidak suka bakso. Makanan bulat yang umumnya terbuat dari daging sapi ini hampir disukai semua orang. Tapi tahukah cara membedakan bakso daging sapi enak sekaligus berkualitas?

Aang Gunawan, pengusaha sapi Cinta Asih dari Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, memberikan tipsnya.

Tips tersebut juga bisa dipakai untuk mengetahui kualitas daging sapi.

“Daging sapi berkualitas bagus buat bahan bakso. Hasilnya, enak,” kata Aang Gunawan, saat berbincang dengan Simmanews, baru-baru ini.

Bakso daging sapi yang baik memiliki tekstur kenyal dengan kadar air sedikit. Sebaliknya, jika kadar air pada bakso tinggi dan tidak kenyal, maka sebaiknya tidak usah dipilih.

Tips membedakan bakso berkualitas lainnya ialah dengan cara dilempar.

“Kalau bakso daging sapi tersebut dilempar mantul seperti bola, itu berarti bakso dan daging sapinya berkualitas,” terang pria yang akrab disapa Haji Aang.

Untuk melahirkan bakso berkualitas, saat ini Cinta Asih juga menggarap produk olahan bakso. Selama ini, Cinta Asih dikenal sebagai produsen sapi dan penjual daging sapi untuk kebutuhan Bandung dan sekitarnya.

bakso daging sapi
Bakso daging sapi. (Instagram Gunawanication)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

Tentunya produk olahan dari daging sapi made in Cinta Asih terbuat dari daging sapi pilihan. Produk olahan daging sapi Cinta Asih selain bakso juga ada dendeng.

“Saat ini sedang proses sertifikasi halal,” ujar Haji Aang.

Aang yang juga pendiri Pondok Pesantren Habiburohman memberi bocoran kelebihan produk bakso dan dendeng sapinya.

“Kelebihan bakso kita tanpa pengewet, lebih kenyal dan terbuat daging murni,” terangnya.

Begitu juga dengan dendeng yang terbuat dari daging sapi berkualitas. Hanya saja kuliner dendeng yang dibikin pengusaha sapi Cinta Asih ini berbentuk dendeng tipis yang renyah dan tinggi protein.

“Dendeng juga sama tanpa bahan pengawet. Paling kuat di kulkas bisa tahan 1 minggu,” terang pengusaha pengelola ratusan ekor sapi ini.

Simmanews sempat mencicipi bakso buatan Cinta Asih ini. Setelah direbus dengan bumbu seadanya, bakso tersebut dibelah dan bagian dalamnya tampak warna bersemu merah menggoda.

Rasanya, memang enak, padahal dengan bumbu kuah seadanya. Apalagi jika jika pakai kuah dengan bumbu tidak seadanya. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here