Bumdes Desa Patengan Unik ! menyatukan Alam, Hewan dan Pemuda dalam Usahanya.

Bumdes Patengan , Labupaten Bandung
Bumdes Patengan , Kedai Sasaka, Kabupaten Bandung

Menyusuri Jalan seputar Ciwidey – Patengan kami menepi di sebuah kafe bernama kedai Sasaka ( kamis 18, februari 2021 ) , terlihat ornamen unik Kafe disuguhi dengan produk-produk lokal dari warga sekitar yang dititipkan untuk dijual.

Kafe yang digagas oleh bumdes  Desa Patengan ini , didirikan dengan bantuan dari masyarakat sekitar yang gotong royong membangun, mulai dari bahan baku kayu, bambu dan lainnya . semua dibantu oleh masyarakat sekitar secara sukarela.

Ada cerita unik ketika bangunan dibagian depan dinamai gerbang ” Aduh Alah ”

Aduh alah dinamai karena ketika pembangunan oleh masyarakat sekitar yang awam  mencoba dan terjadi kesalahan dan berkata ” aduh , alah ieu kumaha ” , aduh bagaimana ini caranya  membangun dan desainnya ,  dengan semangat tersebut  tersebutlah gerbang depan dengan nama gerbang ” aduh alah ”   ucap ( agus koswara , Abah Jabrig )

Kedai sasaka - Bumdes desa Patengan
kedai sasaka , patengan , kab . bandung ( dokumentasi – Taufik )

 

Menyusuri jalan dibawah area kafe kami dihadapkan pemandangan yang  bagus dan masih belum tereksplorasi , ada air terjun dan hutan pinus ,  Konsep unik pengelola adalah ketika burung burung jam 6 pagi sering datang bersama kera hutan , pengelola memasang  tampah atau nyiru ( tempat umpan ). burung dan kera tersebut  berkerumun  disanalah hewan hewan berkumpul memakan umpan tersebut. suara riuh-riuh tersebut membuat tempat tersebut menjadi unik,  seperti konsep konservasi dan juga wisata .

Setelah melihat kawanan Kera dan burung yang ada , kami menikmati Curug yang dinamai Curug Matahari , curug ini dikelola oleh para pemuda Karang  taruna , terlihat pemuda karang taruna bahu membahu membuat Toilet didalam kawasan yang kedepannya akan dijadikan camping ground , ternyata ! kawasan itu akan dijadikan camping ground .

 

Curug matahari , Desa Patengan ( dokumentasi – Taufik )

kedepannya wisata ditempat kami akan dijadikan kawasan Edukasi dan sebagai pembelajaran alam , semua orang bisa belajar kepada alam ucap Pele ( pengelola )

Bumdes Desa Patengan  berharap pemerintah dan swasta bisa bekerja sama dalam hal memaksimalkan potensi dikawasan tersebut , baik dari sisi regulasi maupun sisi pendanaan , karena kawasan kami mempunya konsep sinergi antara manusia alam dan hewan , konsep gotong royong membangun itu akan terus kami pertahankan  ucap  Agus Koswara .

Agus Koswara / Abah Jabrig ( pengelola ) bersama tim redaksi ( simmanews )

Bumdes , BPD , Pemdes , LMDH dan masyarakat  bersinergi dengan alam dan lingkungan , konsep ini yang saya yakin berjalan seimbang . ( Agus Koswara  )

 

Bagian Pertama 

( Taufik /simmanews )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here