Aqua pakai botol plastik hasil teknologi daur ulang, amankah?

aqua
Kemasan air mineral Aqua. (Dok Aqua)

Aqua, pelopor air mineral dalam kemasan di Indonesia, terus berusaha menghadirkan kemasan botol plastik ramah lingkungan. Apa saja yang telah dilakukan perusahaan air minum ini?

Key Account Executive Away From Home West Java Danone, Furry Satria Nawawi, bilang untuk saat ini kemasan botol Aqua telah mengandung bahan daur ulang sebanyak 25 persen.

Selain itu, sejak 2018 lalu produk minuman tersebut meluncurkan Aqua Life ukuran 1.100 mililiter di Bali, berupa kemasan botol yang 100 persen berasal dari bahan botol kemasan daur ulang yang dapat didaur ulang kembali.

Furry mengungkapkan peluncuran pertama di Pulau Dewata itu terkait komitmen Bali terhadap  kelestarian alam dan masalah lingkungan.

Baca juga:

aqua
Key Account Executive Away From Home West Java Danone, Furry Satria Nawawi. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

Awalnya produk Aqua Life baru tersebar di hotel dan restoran, namun sekarang telah tersedia di ritel modern dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

“Saat ini sudah ada di Jakarta dan Jawa Barat juga,” kata Furry kepada Simmanews.com di Dakken Restoran LLRE Martadinata Kota Bandung, Kamis, 22 Oktober 2020.

Furry menjelaskan kedua langkah ini sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mengatasi masalah pencemaran lingkungan oleh sampah plastik.

Kemasan plastik daur ulang Aqua aman?

Kendati hasil daur ulang, Furry memastikan kemasan botol Aqua Life sangat aman. Pasalnya telah memenuhi standar yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), halal, SNI, dan  FSSC 22000.

Baca juga:

Sehingga kualitas kemasan botol Aqua sama seperti botol kemasan dengan menggunakan virgin Polyethylene Terephthalate (PET) atau PET baru. PET merupakan jenis plastik yang biasa dipakai untuk mengemas makanan dan minuman.

Furry menegaskan, kemasan botol daur ulang produk perusahaannya bukan berarti menggunakan kembali botol bekas, melainkan botol plastik bekas Aqua yang telah melalui prosedur daur ulang dengan teknologi tinggi yang dapat menjaga higienitas kemasan botol.

Teknologi daur ulang tersebut menghasilkan botol plastik dengan kualitas baru, mutunya sama dengan botol PET baru. (Yatni Setianingsih/Simmanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here