Agar Karang Taruna Sayati tak hanya jadi panitia agustusan

agar karang taruna
Ilustrasi wirausaha. (Pixabay)

Karang Taruna Desa Sayati ditargetkan menjadi organisasi warga yang bukan hanya bergerak di bidang sosial saja, melainkan juga turut membangun jiwa wirausaha.

Target tersebut akan dijalankan Karang Taruna Desa Sayati di bawah kepengurusan baru dilantik pekan lalu.

Target ini diharapkan bikin para pemuda desa tak hanya berorientasi kerja, tetapi juga mau menekuni bisnis sendiri yang ke depannya bisa membuka lapangan kerja.

“Karang Taruna tetap harus kembali ke organisasi sosial yang dibentuk masyarakat. Orientasinya menumbuhkan jiwa sosial di anggota itu sendiri. Setelah terbentuk jiwanya, tanggung jawab sosialnya, poin berikutnya mengembangkan wirausaha demi terwujud kemandirian, Ari Pranusa Sahroni, kepada Simmanews.

Baca juga:

“Dengan begitu nanti kesejahteraan sosialnya akan terangkat,” papar Ari yang juga pengusaha minuman thai tea.

Ia bercita-cita Karang Taruna tidak akan menjadi organisasi yang terpola pada rutinitas tahunan, misalnya menjadi panitia agustusan dan sejenisnya.

“Mungkin sekarang Karang Taruna cuma panitia HUT RI karena dalam pemahamannya seperti itu. Nanti kita akan rubah pola pikirnya, gimana Karang Taruna agar bisa menumbuhkan semangat kewirausahaan,” katanya.

Ari yang juga pemilik brand HYG, UMKM produk minuman thai tea, sudah menyiapkan program usaha yang bisa dijalankan Karang Taruna, yaitu bisnis thai tea.

Ari sudah menyiapkan satu unit Karang Taruna agar mulai menjalankan bisnis thai tea HYG, yakni unit 4.

Karang Taruna Desa Sayati sendiri terdiri dari 17 unit yang berada di bawah 17 RW. Tiap unit terdiri dari 2 orang pengurus. Sehingga total kepengurusan Karang Taruna yang dimiliki Desa Sayati 34 orang.

Jumlah tersebut dinilai sebagai SDM potensial karena mayoritas anak muda atau milinial.

Ketua Karang Taruna Desa Sayati terpilih, Ari Pranusa Sahroni, dilantik oleh Kades Sayati Nandar Kusnandar. (Dok Karang Taruna Desa Sayati)
Ketua Karang Taruna Desa Sayati terpilih, Ari Pranusa Sahroni, dilantik oleh Kades Sayati Nandar Kusnandar. (Dok Karang Taruna Desa Sayati)

Baca juga:

Unit 4 akan membuka booth thai tea-nya di Lapangan Sukamenak Indah. Tempat ini cukup strategis dan ramai untuk usaha.

Ari mengakui, butuh waktu dan kesabaran untuk mengubah SDM Karang Taruna agar melek pada kewirausahaan.

Maka tahun pertama di bawah kepengurusannya, Ari akan melakukan penguatan unit-unit karang taruna. Tahun berikutnya baru menjalankan program kewirausahaan.

“Sekarang menumbuhkan semangat kewirausahaan sambil melakukan penguatan dulu ke dalam. Jika penguatan sudah jalan, kita bakal bisa seimbang antara kegiatan sosial Karang Taruna dan kegiatan ekonominya, entrepreneurnya,” terang Ari. (Iman Herdiana/Simmanews)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here