6 destinasi wisata nge-hit Bandung Selatan

6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Situ Patenggang, Bandung Selatan. (Iman Herdiana/Simmanews.com)

Bandung selatan yang merupakan wilayah Kabupaten Bandung memiliki lokasi wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Selain panoramanya yang eksotis, udara di sini pun sangat sejuk dan segar, cocok untuk menghilangkan kepenatan kota.

Berikut ada enam destinasi wisata Bandung selatan yang wajib untuk dikunjungi, seperti dihimpun Simmanews:

  1. Situ Patenggang
6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Situ Patenggang, Bandung Selatan. (Iman Herdiana/Simmanews.com)

Destinasi wisata ini menawarkan beragam keindahan mulai dari pemandangan hamparan hijaunya kebun teh, danau yang dalam bahasa Sunda berarti situ, jembatan gantung, dan restoran berbentuk kapal Pinisi yang ngehit banget dijadikan objek foto di media sosial.

Situ Patenggang berada di ketinggian 1.600 mdpl, yang terletak di Jalan Ciwidey – Rancabali, tepatnya di Desa Patengan Kecamatan Rancabali.

  1. Kawah Putih
6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Kawah Putih, Bandung Selatan. (Instagram @kawahputih_official

Mengunjungi kawah putih, kita akan disuguhi panorama alam yang sangat indah dan berbeda. Berada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan No 946, kawah putih terletak di ketinggian 2.090 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pemandangan warna putih dan kebiru-biruan tercipta dari danau hasil erupsi Gunung Patuha ini. Danau ini dikelilingi hutan tropis yang cocok dijadikan spot foto ataupun untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi Patuha.

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

Menikmati cita rasa kuliner khas Prancis di Bandung

Jejak Covid-19 sampai K-Pop pada motif scarf

  1. Kampung Cai Rancaupas
6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Kawah Putih, Bandung Selatan. (Instagram @kawahputih_official

Objek wisata yang berada di Jalan Raya Ciwidey – Patengang KM 11 ini merupakan tempat penangkaran rusa. Pengunjung anak-anak maupun orang dewasa dapat memberikan makan rusa-rusa tersebut dengan pakan yang disediakan pengelola objek wisata.

Selain itu, di sini pun terdapat tempat untuk berkemah, kolam renang, dan beragam wahana permainan. Objek wisata ini pun sering digunakan sebagai lokasi pemotretan prewedding.

  1. Situ Cisanti
6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Situ Cisanti, Bandung Selatan. Situ Cisanti (Instagram @ridwankamil)

Objek wisata Situ Cisanti merupakan hulu Sungai Citarum yang mengalir dari Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Karawang, air yang terkumpul dalam Situ Cisanti berasal dari beberapa mata air di Gunung Wayang.

Pemandangan alam di sini sangat eksotis dengan udara yang sejuk karena terletak di ketinggian 1.500 mdpl. Situ Cisanti terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari.

Para pengunjung biasanya menghabiskan waktu menikmati kesegaran udara dan keindahan panorama alamnya dengan berswa foto. Destinasi ini juga cocok untuk orang yang gemar traveling.

  1. Situ Cileunca
6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Situ Cileunca (Instagram @situcileuncaa)

Situ Cileunca yang berada di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya yang berada di Kabupaten Bandung bagian selatan. Di tempat ini pengunjung bisa menyewa perahu, untuk menikmati keindahan danau buatan yang dikelilingi kebun teh.

  1. Sunrise Point Cukul
6 destinasi wisata hit di Bandung Selatan
Point Cukul, Bandung Selatan. (Instagram @sunrisepointcukul)

Jika ingin melihat matahari terbit (sunrise) di daerah Kabupaten Bandung, Sunrise Point Cukul di Kecamatan Pangalengan yang berada di kawasan Gunung Malabar menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Untuk menikmati keindahannya, pengunjung harus mendatanginya menjelang matahari terbit di musim kemarau yang cerah. Sebelum matahari terbit, suasana di sini bak negeri di atas awan.

Jika datang pada siang hari kita pun bisa menikmati pemandangan kebun teh dan sejuknya udara khas pegunungan. (Yatni Setianingsih/simmanews.com)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here