30 sekretaris kecamatan Pemkot Bandung ikut magang bank bjb

magang bjb
Program magang bjb. (Dok Pemkot Bandung)

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung, yang terdiri dari 30 sekretaris kecamatan, mengikuti program magang Bank BJB.

Program magang Bank BJB ini berlangsung sejak 6 Oktober sampai 8 Oktober 2020.

“Ini adalah bagian dari kerja sama Pemkot Bandung dengan bank Bjb University dalam pengembangan SDM yang berlaku hingga 2025,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Selasa, 6 Oktober 2020.

Program magang Bank BJB ini sebagai salah satu langkah adaptasi birokrasi dalam menghadapi era industri 4.0.

Menurut Yana, ASN perlu meningkatkan proses, organisasi, dan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan era industri 4.0.

“Birokrasi Adaptif ialah birokrasi yang memiliki segudang SDM handal dengan karakteristik Akseptabel,” ucap Yana saat membuka acara Program Magang ASN dalam pengembangan Kompetensi bersama Bank BJB melalui Zoom Meeting.

“Artinya, ASN harus memiliki kemampuan memadai, dapat diandalkan, serta relatif diterima publik,” sambung Yana.

Menurut Yana kolaborasi ini harus mampu meningkatkan kemampuan aparatur kecamatan baik dari segi pola pikir, maupun standar dan etika pelayanan.

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

“Dengan demikian birokrasi tidak lagi dipandang sebagai organisasi yang kaku, kurang responsif, cenderung berbelit-belit, dan lamban,” pungkas Yana.

Program magang ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. Program ini merupakan perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemkot Bandung dengan PT Bank Bjb, yang berlaku hingga 2025.

Kegiatan pengembangan kompetensi berlangsung dalam 12 sesi. Metode pembelajaran menggunakan sistem online interactive learning and self learning dengan memanfaatkan E-Learning bjb University.

Pada akhir program magang bareng Bank BJB ini, peserta harus mengikuti pre test & formative test.

Pemateri dalam program magang bareng Bank BJB ini menghadirkan pejabat dari Pemkot Bandung yakni jajaran dari sekretariat daerah (Setda), Bagian Hukum Setda, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung (DPKP3), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Sementara pemateri dari PT Bank BJB berasal dari BJB University, Divisi Jaringan dan Layanan (JLA), Divisi Human Capital, dan Perwakilan Bank BJB Kantor Cabang (KC) Tamansari.(Yatni Setianingsih/Simmanews)

Baca juga artikel Simmanews lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here